*Babinsa Benelan Lor Pastikan Keluarga Terima Manfaat dalam penyaluran (BLT-DD) Tepat Sasaran*

oleh -635 Dilihat

Kabat,Jatim (paradigmanasional.com) -Bertempat di Balai Desa Benelan Lor Pemerintahan Desa Benelan Lor Kecamatan Kabat melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Validasi terhadap calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2021 (Kamis,21/10/2021)

Kegiatan ini dilakukan guna menentukan Kepala Keluarga yang berhak dan memenuhi syarat kriteria untuk mendapatkan BLT-DD Tahun 2021 adapun rangkaian kegiatan yang diselenggarakan antara lain usulan nama – nama calon keluarga penerima manfaat dari masing – masing RT/RW yang berada di wilayah Dusun, sinkronisasi data, surveilance, musyawarah hingga penetapan atau validasi bagi calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021.

Babinsa Desa Benelan Lor Serka Eko Sulistiono mengatakan dalam hal Verifikasi dan Validasi melibatkan unsur terkait antara lain Kepala Desa, Sekretaris Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Kasi Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Dusun, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Ketua RT/RW, serta Operator SIPBM dalam kegiatan Verifikasi dan Validasi. Tujuannya adalah agar bantuan yang akan kita salurkan nantinya sesuai prosedur dan tepat sasaran.

Ia menjelaskan, sebelumnya Pemerintah Desa telah menyalurkan BLT-DD pada tahun 2020 melalui Dana Desa terhadap warga yang menerima manfaat bantuan. Yang diberikan kepada kriteria keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa bersangkutan dan tidak termasuk penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai, dan Program Bantuan Sosial Pemerintah lainnya.

Kemudian dalam Verifikasi dan Validasi calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021 secara tehnis tidak jauh berbeda yakni ditujukan terhadap keluarga miskin, kaum lansia dan warga yang memiliki penyakit menahun atau Kronis.
Kendati demikian, Babinsa Desa Benelan Lor Kecamatan Kabat berharap bantuan uang tunai dari Dana Desa dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta untuk biaya berobat dan lain-lainnya. Ungkapnya.

#Penulis (Opr Ramil 0825/15)
#Editor (Aang Pendim 0825)

No More Posts Available.

No more pages to load.