‘Garpu Sendok’ Lamongan, Normalisasi Tampungan Volume Sungai

oleh -119 Dilihat

Jawa Timur, paradigmanasional.id – Pastikan aliran sungai dari hulu hingga hilir berjalan lancar, Pemerintah Kabupaten Lamongan bersinergi dengan Forkopimcam dan Pemerintah Desa untuk mengentaskan persoalan enceng gondok yang menggenangi aliran sungai. Melalui program inovasi Garpu Sendok (Gerakan Prahu Sikat Enceng Gondok), Jumat (9/12/2022).

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, memantau kerja bakti pemecahan enceng gondok di sepanjang aliran sungai dari Desa Dinoyo hingga Desa Rejotengah, kecamatan Deket.

“Enceng gondoknya ini harus didorong sehingga aliran air sungai dari hulu hingga hilir bisa berjalan lancar, melalui kerja bakti tadi enceng gondoknya bisa keluar ke sungai,” tutur Bupati Lamongan.

Dalam rilis Diskominfo Lamongan diterangkan, Inovasi yang ditargetkan selesai hingga akhir tahun ini, nantinya dapat menormalisasi aliran sungai sepanjang 40 KM dan dapat menambah volume tampungan air untuk meminimalisir bencana banjir di musim penghujan.

Tak hanya memastikan program mitigasi bencana, pada kesempatan yang sama Pak Yes juga melakukan pengecekan secara langsung pembangunan jalan poros desa Dusun Semabung, Desa Sidobinangun Kecamatan Deket, hasil dari bantuan dana dusun. Bupati berharap dana dusun yang di alokasikan ini dapat dimanfaatkan tepat sasaran.

Selain itu, disela perjalanan menggunakan trail, Bupati Lamongan juga mengunjungi Budidaya benih nener (bandeng) dan mujair (Super RR) usaha Gapoktan Rojomino di Desa Rojotengah yang dapat menjadi potensi kewirausahaan desa.

“Kematian bandeng disini sangat kecil sekali dan ini akan kita kembangkan dalam sekala leboh luas, sebab tadi kita lihat masih dalam demplon lahan milik warga, tetapi selama beberapa bulan dilaksanakan hasilnya memang bagus,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, berpeluang adanya profit yang cukup besar, Pemkab Lamongan akan terus mendukung usaha tersebut, terlebih Gapoktan Rojomino telah mengembangkan pupuk tambak cair hasil olahan sendiri.

“Kita tahu bahwa pupuk cair yang dibuat oleh petani ini sangat bagus, sebagai subtitusi ketika pupuk sulit didapatkan dan kuliatasnyapun tidak kalah dengan kualitas pupuk yang lain. Dan kadang masyarakat untuk membuat pupuk sendiri inikan enggan, kalo ada Gapoktan yang menyediakan untuk dibeli sangat bagus. Nanti kita juga akan bantu untuk proses perizinannya maupun proses dan tahap yang lainnya,” pungkas Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.