Hadiri Acara Gelar Adat Toana, Dandim Mempawah Ajak Generasi Penerus Lestarikan Budaya Daerah

oleh -775 Dilihat

MEMPAWAH (Paradigmanasional.com) – Komandan Kodim 1201 Mempawah Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto menghadiri acara gelar adat Toana penganugrahan gelar kekerabatan dalam rangkaian Pagelaran Budaya Wisata tak Benda Indonesia yaitu Tradisi Robo-robo Tahun 2021.

Kegiatan tersebut bertempat di Keraton Amantubillah, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Selasa Malam (5/10/2021).

Ditemui usai kegiatan, Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto menjelaskan, Ritual Adat Toana ini merupakan ritual adat Penganugerahan Gelar Amantubillah di lingkungan kerajaan.

Foto Teks : Dandim 1201/Mph dan istri Bersama Raja 13 Keraton Amantubillah Mempawah dan Pangeran Kerajaan

“Ini sebagai bentuk penghargaan darma bakti atas jasa-jasa dan pengorbanan mereka,” jelas Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto.

Dirinya juga mengatakan, dalam acara mengenang kembali kedatangan Opu Daeng Manambon yang bergelar Pangeran Mas Surya Negara dari Kerajaan Matan di Kabupaten Ketapang ke Kerajaan Mempawah di Kabupaten Mempawah pada tahun 1737 M/1448 H.

“Ini merupakan wujud rasa cinta dari generasi baru terhadap leluhur nenek moyangnya, yang merupakan bagian dari sejarah perjalanan terbentuknya Kerajaan Mempawah, yang saat ini menjadi Kabupaten Mempawah,” ujar Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto.

Teks Foto : Foto Bersama Usai Kegiatan (Dandim 1201/Mph beserta Istri, Kajari MEMPAWAH beserta Istri, Kapolres Mempawah beserta Istri

melalui kegiatan ini, Dwi Agung berharap, kekayaan budaya Daerah akan terus selalu dilestarikan terutama oleh generasi-generasi penerus bangsa.

“Dalam rangka pelestarian budaya, melalui kesempatan yang sangat baik ini, saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di daerah ini, agar mari kita semua terus melestarikan budaya daerah yang kita miliki,” harapnya. (Vid)

Sumber : Pendim 1201

No More Posts Available.

No more pages to load.