Mahasiswa KKNT UPNVJT Musir Lor Laksanakan Rebranding pada UMKM Berskala Kecil

oleh -248 Dilihat

Pemberian Spanduk dan Stampel pada UMKM Rozi Snack
Sumber: Dokumentasi Pribadi Mahasiswa

Nganjuk, paradigmanasional.id – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan badan usaha yang dimiliki perorangan ataupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Di Desa Musir Lor, potensi UMKM semakin terlihat jelas dengan beragam produk yang diproduksi, seperti keripik tempe, kue basah, telur asin, arang, audio speaker, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kelompok 3 melakukan survei terhadap UMKM yang ada di Desa Musir Lor dengan melakukan kunjungan pada Kepala Dusun. Di Desa Musir Lor terdapat 3 Dusun, yaitu Musir, Ngrapah, dan Semanding. Hasil survei menunjukkan bahwa setiap UMKM di desa tersebut telah memiliki identitas bisnis yang kuat, mulai dari brand, logo, hingga Nomor Induk Berusaha (NIB).

Rebranding pada Produk Keripik Tempe Kiara Foodies
Sumber: Dokumentasi Pribadi Mahasiswa

Beberapa UMKM di Desa Musir Lor telah mencapai skala menengah bahkan internasional, contohnya usaha arang dan telur asin. Hal ini menunjukkan potensi besar yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Meskipun memiliki potensi yang besar, beberapa UMKM di Desa Musir Lor mengalami kendala dalam pengembangan bisnisnya. Sehingga Mahasiswa KKNT kelompok 3 berfokus untuk mengambil langkah dalam memberdayakan UMKM skala kecil yang masih berjalan.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKNT kelompok 3 merencanakan strategi pemberdayaan yang lebih intensif, salah satunya melalui rebranding, dan produk yang dipilih oleh Mahasiswa KKNT kelompok 3 adalah produk dari Kiara Foodies dengan produk keripik tempe, cipiran, dan kembang goyang, sedangkan Rozi Snack dengan produk aneka kue basah.

Pemberian Stiker pada Produk Keripik Tempe, Cipiran, dan Kembang Goyang Kiara Foodies
Sumber: Dokumentasi Pribadi Mahasiswa

Langkah konkret yang dilakukan oleh Mahasiswa KKNT kelompok 3 dalam pemberdayaan UMKM adalah dengan pengembangan logo yang lebih menarik, produksi stiker dan banner untuk promosi, serta pembuatan stempel untuk memperkuat identitas bisnis.

Dengan melakukan rebranding, diharapkan UMKM di Desa Musir Lor dapat terus berkembang dan dapat meningkatkan daya saingnya di pasar lokal maupun regional serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian lokal. (*)

* Kelompok 3 KKNT MBKM UPNVJT

No More Posts Available.

No more pages to load.