Sistem dan Cara Pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 Kotamobagu Patut di Apresiasi

oleh -546 Dilihat

KOTAMOBAGU, paradigmanasional.id – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS),adalah Pusat Kegiatan Pembinaan Kesiswaan disekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa. OSIS adalah sebuah Lembaga Resmi satu-satunya disekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970.

Namun harus di apresiasi Sitem dan tata cara pemilihan Ketua OSIS yang diterapkan oleh pihak sekolah SMAN 2 Kotamobagu, bersama Siswa-siswinya. Cara ini, mengabdosi seperti KPU Komisi Pemilihan Umum. Inikan Nagara Demokrasi.

Kepala Sekolah SMAN 2 Kotamobagu yang baru dilantik Drs. I Ketut Gunawan Adywisna, MM saat diwawancarai wartawan paradigma di ruangannya Selasa 18/1/22 mengatakan; memang sudah beberapa tahun sistem pemilihan ketua OSIS itu dilakukan seperti pemilihan Sangadi (Pilsang), secara Demokratis.

” Tahapannya juga dilakukan mulai dari Penyampaian Visi dan Misi oleh para calon bagi siswa-siswa kelas XI yang sudah terakomodir panitia untuk dipilih secara demokratis. Caranya pun juga disediakan Kotak suara,” ujar Kep SMAN 2 kotamobagu.

Tujuan utama kegiatan ini, adalah melatih siswa-siswi untuk bisa mengkomunikasikan, berpikir kritis, dan konstruktif. Inikan salah satu kecerdasan Abad 21. Kemudian dari hasil pemikiran itu, bisa dia komunikasikan dalam penyampaian Visi dan Misi. Kemudian kolaborasi, merangkul, bagaimana bisa mendapatkan dukungan. Karena ini, penting untuk membentuk karakter siswa-siswi yang demokratis.

” Ujung-ujungnya kan kita dipendidikan, diharapkan untuk bisa membentuk pelajar berpancasila. Disekolah berusaha membangun sikap seperti itu,” Tamba Kepsek SMAN 2 Kotamobagu.

walaupunpun baru dilantik menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 2 Kotamobagu, tetapi kami suda berkomunikasi dengan Wakil Kepala Sekolah bagian kesiswaan terkait pelaksanaan kegiatan tersebut, untuk selalu diteruskan.

Kegiatan ini, sudah berkerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kotamobagu. Sebagai juga bentuk eksternal sekolah, agar kedepannya kita mendapatkan support dari pihak luar.

” Ini pemilihan Ketua OSIS tahun ajaran 2022. Mudah-mudahan, semua sukses sesuai apa yang kita tuju. Kita semua bagian dari pemerintah, yang berkewajiban untuk mendidik anak-anak kita sampai pada pembentukan karakter,” tandas Kepsek SMAN 2 Kotamobagu.

Terpisah saat dilokasi kegiatan, ketua panitia pelaksana pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 Kotamobagu Nabil Habib Makalalag kelas XII, menyampaikan bahwa kami mengabdosi seperti apa yang dilakukan KPU.

” Ada tiga pasangan calon ketua OSIS yang akan kami pilih. Caranya pun sama ketika memilih kepala Daerah, sehabis di tusuk, lipat kembali kertasnya lalu diisi ke dalam kotak. Setelah itu, jari dioles tinta,” ungkap Nabil Habib Makalalag.

Untuk teknis sistem dan cara pemilihan ketua OSIS, telah berlangsung lama SMN 2 lakukan 10 sampai 15 tahun yang lalu.

” Harapan saya bagi peserta didik apapun kegiatan kita, orientasi kita, semua untuk pembentukan karakter itu paling penting. Nah, disinilah kita akan menghasilkan kader-kader pemimpin dimasa depan. Bagi yang sudah memahami demokrasi, bagaimana berpikir, memecahkan masalah, dan seterusnya,” pungkas Kepsek SMAN 2 Kotamobagu yang begitu provesional dan Rama kepada wartawan.

# DeNNy. DaMoPoLii #

No More Posts Available.

No more pages to load.