Ekspedisi Sungai Pomats, Marinir Jangkau Suku Pedalaman Di Kabupaten Asmat

oleh -373 Dilihat

ASMAT,PAPUA, paradigmanasional.id – Dispen Kormar (Agats). Dengan kondisi alam yang menantang dan penuh rintangan, ditambah dengan adanya kelompok separatis bersenjata di wilayah Papua, tidak menyurutkan niat positif Prajurit Satgas Korps Marinir di bawah pimpinan Komandan Satgas Muara dan Perairan Korps Marinir, Letkol Marinir Tri Yudha Ismanto, S.E., MSDA untuk membantu kesulitan warga masyarakat ataupun suku yang lokasinya sulit untuk dijangkau di pedalaman Papua.

Satgas Muara dan Perairan Korps Marinir melaksanakan ekspedisi di pedalaman Papua sejauh 180 km di aliran sungai Pomats dari Desa Batas Batu Kabupaten Nduga sampai dengan Distrik Agats Kabupaten Asmat, Papua. Kamis (20/01/2022).

Selain melaksanakan Patroli Sungai, beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan diantaranya pengobatan gratis, anjangsana dengan kepala suku dan tokoh masyarakat lainnya, serta membagikan bingkisan bahan makanan dan pakaian kepada masyarakat yang berada di aliran sungai Pomats.

Beberapa kampung yang dikunjungi dalam kegiatan tersebut antara lain Kampung Bu, Kampung Agani, Kampung Sa, Kampung Er, Kampung Ma, dan Kampung Mumugu. Satgas Korps Marinir juga menyempatkan menghampiri warga yang sedang mencari ikan, dengan niat membantu warga masyarakat yang sedang mengalami kesulitan di sepanjang aliran sungai Pomats.

Dansatgas Satgas Muara dan Perairan Korps Marinir Letkol Marinir Tri Yudha Ismanto, S.E., MSDA menyampaikan bahwa Patroli Sungai merupakan kegiatan rutin, dengan melihat kondisi masyarakat disepanjang sungai selama Patroli, maka direncanakan patroli dengan tujuan untuk membantu masyarakat, dengan harapan timbul kedekatan antara Prajurit Korps Marinir dengan warga setempat.

Kepala Kampung Bu dan Agani, Bertus Tuse menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan dan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Satgas Muara dan Perairan Korps Marinir di kampungnya merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh TNI, dia berharap ke depan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan lagi.

(Red/Dispen Kormar)

No More Posts Available.

No more pages to load.