Kedatangan Mahasiswa UPNVJT di Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk dalam Program MBKM KKNT Periode I Tahun 2024

oleh -197 Dilihat

Penyambutan Mahasiswa KKN-T MBKM UPNVJT di Kantor Kecamatan Rejoso, Kab. Nganjuk
Sumber: Dokumentasi Pribadi Mahasiswa

Nganjuk, paradigmanasional.id – Kegiatan KKN-T atau Kuliah Kerja Nyata berbasis Tematik yang dilaksanakan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur periode I (satu) pada tahun 2024, menerjunkan mahasiswa sebanyak 192 yang terdaftar pada program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema SDGs yang dilaksanakan tanggal 19 Maret 2024 sampai dengan 28 Juni 2024 di 2 (dua) daerah penempatan yakni Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk.

Pemberangkatan KKN-T serentak dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2024 pada pukul 09.00 WIB dari Surabaya, dan mahasiswa KKN-T yang ditempatkan Kabupaten Nganjuk tiba di Kantor Kecamatan Rejoso pada pukul 11.00 WIB. Kedatangan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur disambut hangat oleh bapak Teguh Ovi Andriyanto,S.IP selaku camat di kecamatan Rejoso. Selain itu mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) masing – masing yaitu Bapak Hendra Maulana, S.Kom., M.Kom. (DPL kelompok Desa Mungkung, Gempol, Jatirejo, Setren, Mlorah) dan Bapak Chrystia Aji Putra, S.Kom., M.T. (DPL kelompok Desa Rejoso, Talang, Musir Lor, Musir Kidul, Klagen).

Dalam pelaksanaannya, KKN-T di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk ini dibagi dalam 10 kelompok yang berisikan sekitar 9 hingga 11 mahasiswa dengan program studi beragam, yakni Hubungan Internasional, Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Agribisnis, Sistem Informasi, Manajemen, Teknik Lingkungan, Teknologi Pangan, Pariwisata, Ekonomi Pembangunan, dan masih banyak lagi. Fungsi dari pengelompokan program studi secara acak sendiri adalah untuk penyelarasan kebutuhan ilmu pengetahuan yang nantinya diharapkan dapat berkolaborasi dan diimplementasikan dengan baik saat pelaksanaan program di lapangan.

Mahasiswa KKNT MBKM UPNVJT Kelompok 5  Melakukan Kunjungan pada Kantor Desa Mlorah, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk
Sumber: Dokumentasi Pribadi Mahasiswa

KKN-T MBKM UPNVJT Kelompok 5 ditempatkan di Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Kedatangan di Desa Mlorah mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat maupun perangkat desa. Saat berkunjung atau ‘sowan’ di Balai Desa Mlorah pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 09.00 WIB, kelompok 5 berbincang dan berdiskusi dengan Sekretaris Desa Bu Mylanta Dyky Ikawati, Kepala Dusun Bu Gunasri, dan Staf Balai Desa Bu Ita Hastya Sari. Inti perbincangan bersama perangkat desa adalah perkenalan setiap anggota kelompok KKN-T, kemudian membahas gambaran kegiatan kami di Mlorah untuk kedepannya, serta pemberian informasi terkait profil Desa Mlorah oleh perangkat desa.

Informasi mengenai profil Desa Mlorah dijelaskan oleh Sekretaris Desa, yakni Bu Mylanta Dyky Ikawati bahwa, “Desa Mlorah merupakan desa terluas di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Desa  Mlorah memiliki 6 dusun yang terdiri dari Dusun Mlorah 1 dan Mlorah 2, Ngrandu, Sugihan, Sugihwaras, dan Tugu. Dusun Mlorah 1 dan Mlorah 2 disebut sebagai Krajan karena wilayahnya yang cukup luas”.

Perangkat desa Mlorah menaruh harapan dan kepercayaan dengan adanya program KKN-T MBKM UPNVJT ini akan memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang ada di Desa Mlorah, mendorong perkembangan masyarakat lokal, memberikan inovasi-inovasi, serta diharapkan kelompok 5 KKN-T Mlorah mampu berbaur dengan masyarakat sekitar dan menyesuaikan diri. (*)

*KKN-T MBKM UPNVJT Kelompok 5 Mlorah

No More Posts Available.

No more pages to load.