Kejar Herd Immunity, 1.000 Orang Divaksin, TNI/Polri dan Pemerintah Bersinergi

oleh -385 Dilihat

TANJUNG SELOR (Paradigmanasional.com)
Akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19 di Bulungan terus dilakukan untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok). Pada Senin (4/10/2021), sebanyak 1.000 dosis vaksin disuntikan kepada warga Kecamatan Peso.

Dandim 0903/Bulungan, Kolonel Inf Akatoto,S.H mengatakan, sasaran vaksinasi di Peso sebanyak untuk dosis pertama sebanyak 350 orang. Kemudian, dosis kedua 650 orang. Diharapkan, pelaksanaan vaksinasi ini dapat mempercepat capaian target herd immunity (kekebalan kelompok) di Bulungan.

“Sekarang ini capaian vaksinasi di Bulungan sudah mencapai 56 persen,” kata Akatoto kepada media usai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Senin (4/10/2021).

Selain di wilayah perkotaan, vaksinasi Covid-19 diharapkan bisa menyasar seluruh masyarakat di pedalaman. Namun, saat ini pihaknya mengaku masih terkendala tenaga kesehatan (nakes) yang terbatas.
“Wilayah Bulungan ini cukup luas. Sementara, jumlah nakes masih terbatas,” ungkapnya.

Sehingga, ada daerah yang diprioritaskan untuk diselesaikan terlebih dahulu. Seandainya jumlah nakes banyak tim bisa dibagi ke beberapa daerah. “Iya, walaupun terbatas. Pelaksanaan vaksinasi akan tetap kita maksimalkan. Dan pelaksanaan vaksinasi hari ini merupakan rangkaian HUT TNI ke-76,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Bulungan, AKBP Ronaldo Maradona T.P.P. Siregar menilai bahwa vaksinasi di Bulungan sudah dilakukan dengan pola yang sangat tepat. Sebab, Pemkab Bulungan bersama TNI/Polri selalu bersinergi.

“Apapun nama kegiatannya yang mau kita sehatkan itu warga Bulungan. Jadi, kami tidak melihat lagi bajunya hijau atau coklat. Semua kegiatan vaksinasi yang dilakukan di Bulungan selalu bersinergi,” ungkapnya.

Bupati Bulungan mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI/Polri terkait percepatan vaksinasi di Bulungan. “Sesuai laporan camat, masih ada 15 kasus aktif Covid-19 di Kecamatan Peso,” ungkapnya.

Namun, kata dia, jumlah ini menurun jika dibandingkan beberapa bulan lalu. Vaksinasi ini juga bagian dari upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Vaksinasi ini akan terus berlanjut,” tegasnya.

Untuk herd immunity untuk dosis pertama dan kedua sejauh ini sudah mencapai angka 56 persen. Dalam hal ini pemerintah akan terus mengejar target 80 persen. “Kita upayakan sebelum Bapak Presiden (Joko Widodo) datang capaian vaksinasi sudah mencapai angka 80 persen,” harapnya.

Namun, hal itu tergantung dari upaya percepatan pemberian vaksin. Oleh karena itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI/Polri yang sudah men-support (mendukung) pelaksanaan vaksinasi.

“Ini bentuk sinergi kita dengan jajaran TNI/Polri. Program vaksinasi ini tidak bisa bisa diselesaikan pemerintah daerah tanpa ada support dari jajaran TNI/Polri,” pungkasnya.(Vid)

No More Posts Available.

No more pages to load.