Kodim 1008/Tbg Ikuti Upacara dan Ziarah Nasional Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

oleh -178 Dilihat

TABALONG (paradigmanasional.id) – Komandan Kodim 1008/Tabalong Letkol Inf Ras Lambang Yudha diwakili Pasi Ops Kodim 1008/Tbg Kapten Inf Dwi Prayitno menghadiri kegiatan Upacara dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ke-76 Tahun 2021.

Bertempat di Lapangan Taman Giat Kota Tanjung Selasa (10/11/2021). Peringatan hari pahlawan tahun ini bertemakan, Pahlawanku Inspirasiku.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, pembaca teks pesan-pesan perjuangan Ketua DPRD Tabalong, H Mustafa, Perwira Upacara Kapten Inf Hartoto Kodim 1008/Tabalong, Komandan Upacara Letda Inf Alexander Hendrik Kompi Senapan 621/Mtg.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani membacakan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali- kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan.

Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga, Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan.

Sadar bahwa berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA ( Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.

Teruskan menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat Bangsa Indonesia.

Para pahlawan dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan yang berbalut semboyan merdeka atau mati, jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus diresapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun.

Semangat tekad dan keyakinan Pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi bersejarah, mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas, hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021ā€³Pahlawanku Inspirasikuā€¯.

Usai upacara acara dilanjutkan dengan melakukan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan Tanjung Kencana, Mabuun.

No More Posts Available.

No more pages to load.