MELALUI KOMSOSMAR, PASMAR 3 KORPS MARINIR BANGUN WAWASAN KEBANGSAAN

oleh -430 Dilihat

Sorong (paradigmanasional.com) – Upaya untuk membangun kedekatan bersama masyarakat terus dilakukan, kali ini Pasmar 3 Korps Marinir menggelar kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) yang merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) dalam rangka meningkatkan keakraban hubungan dan menimbulkan keinginan untuk ikut serta berpartisipasi pada bidang pertahanan khususnya pertahanan negara yang berlangsung di wilayah Kabupaten Sorong, Papua Barat. Senin (08/11/2021).

Kegiatan yang mengambil tema “Pasmar 3 Melaksanakan Kegiatan Komsosmar Di Wilayah Kerja Pasmar 3 Dalam Rangka Meningkatkan Patriotisme Generasi Muda” ini dilakukan sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pasmar 3 terhadap masyarakat pesisir pantai Kabupaten Sorong, khususnya generasi muda yang berada di wilayah kerja Pasmar 3. Metode ini dipilih karena mampu dalam membina dan meningkatkan hubungan emosional dan jalinan tali kasih bersama warga masyarakat pesisir.

Seperti yang tertulis dalam Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Maka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat bela negara masyarakat dalam menjaga keutuhan wilayah, persatuan bangsa dan pertahanan negara serta meningkatkan motivasi generasi muda di wilayah Sorong agar memiliki semangat dan pola pikir yang berdasarkan wawasan kebangsaan.

Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E didampingi Ketua Korcab Pasmar 3 Ny. Desy Rudy Sulistyanto saat hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Komsosmar yang dilaksanakan Pasmar 3 merupakan program kerja bidang Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang bertujuan untuk meningkatkan semangat bela negara masyarakat maritim di wilayah Sorong, sekaligus berinteraksi dengan masyarakat maritim dalam memahami dan menjunjung tinggi kearifan lokal.

Komandan Pasmar 3 berharap dengan kegiatan Komsosmar ini dapat mempererat hubungan baik dan menjalin ikatan tali silaturahmi serta menciptakan hubungan yang sinergis antara TNI AL khususnya Pasmar 3 dengan seluruh komponen masyarakat serta dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sorong maupun Aparat Teritorial (Apter) di wilayah kerja Pasmar 3.

Adapun materi ceramah dalam kegiatan ini disampaikan oleh Mayor Mar Mustafa Bugis yang menjabat sebagai Kasipam Brigif 3 Marinir, Lettu Mar Laode Abdul Halim yang menjabat sebagai Pjs. Pasintel Yonmarhanlan XIV Sorong dan Lettu Laut (E) Prabowo yang menjabat sebagai Pakomsan Lantamal XIV Sorong.

Puncak kegiatan Komsosmar tersebut ditutup dengan pemberian tali asih berupa paket sembako dan alat tulis secara simbolis oleh Danpasmar 3 dan Ketua Korcab Pasmar 3 kepada perwakilan masyarakat Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Teluk Bintuni, kelompok masyarakat Parisada Hindu Dharma Indonesia dan rumah asuh Pelita Kasih di Sorong Raya.

Dalam kegiatan ini, Danpasmar 3 secara khusus juga memberikan sagu Papua yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Papua, karena hal ini adalah wujud penghormatan terhadap nilai-nilai budaya dan kearifan lokal di Papua.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wadan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto, para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak/Dansatlak Pasmar 3, Danramil Aimas Kapten Inf Harfin, Kepala Distrik Aimas Weynan Noak Pami, Kepala Lurah Malasom Ahmadi, S.H., tokoh masyarakat, tokoh adat dan para pengurus Jalasenastri Korcab Pasmar 3.

No More Posts Available.

No more pages to load.