Pasir Datar Galunggung Lokasi Latihan SAR Lanud Wiriadinata

oleh -572 Dilihat

Paradigmanasional.id – TNI AU. Pentak Lanud Wiriadinata (1311) Pasir Datar sebuah lokasi perkemahan yang terletak di kaki gunung galunggung tepatnya di Desa Sinagar menjadi lokasi latihan Search And Resque (SAR) Lanud Wiriadinata.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Danlanud Wiriadinata Letkol Nav Djoko Purnomo, S.M.,M.M menjadi satu pengalaman baru bagi personel Lanud Wiriadinata, dimana pada kegiatan tersebut para personel di ajak merefresh jati diri sebagai prajurit TNI untuk kembali ke habitatnya dekat dengan alam sekaligus menambah pengetahuan tentang navigasi darat dengan materi membaca peta yang dipandu oleh tim dari Basarnas. Tidak hanya itu Kakes Lanud Wiriadinata Lettu Kes dr Arienta juga mengajarkan teknik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dengan materi pembidaian dimana teknik tersebut wajib diketahui oleh siapapun karena inti dari materi tersebut adalah upaya untuk menghindari pergerakan untuk menstabilkan bagian tubuh yang cedera sebelum tenaga ahli datang seperti dokter dan paramedis. Dengan variasi kegiatan yang di konsepkan oleh panitia, maka para peserta baik dari personel Lanud Wiriadinata dan adik adik pramuka saka dirgantara terlihat sangat antusias untuk mengikuti jalannya seluruh kegiatan.

Pada hari kedua latihan disimulasikan telah terjadi kecelakaan pesawat di daerah pegunungan dimana tim SAR harus bergerak cepat untuk menemukan lokasi jatuhnya pesawat, mengamankan materiil serta mengevakuasi korban, baik korban jiwa maupun korban yang masih bisa diselamatkan untuk segera diberi pertolongan. Untuk mencari lokasi jatuhnya pesawat tersebut maka para peserta harus melewati medan yang cukup menantang seperti masuk ke area hutan, melewati sungai dan tanjakan hingga berhasil menemukan area jatuhnya pesawat. Pada akhir kegiatan dilaksanakan konsolidasi untuk menilai apa saja yang harus dievaluasi dalam latihan ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.