Pemerintah Desa Poopo Barat Gelar Musdes dan Validasi DTKS

oleh -2265 Dilihat

Bolmong, Sulawesi Utara, paradigmanasional.id Pemerintah Desa Poopo Barat Kecamatan Passi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong) menggelar Musyawarah Desa ( Musdes) Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Selasa (19/3/2024) yang dilaksanakan di Balai Desa Poopo Barat.

DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah dan dapat menerima BST dan PKH.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bolmong melalui Sekretaris Dani Rorimpandey, SH mengatakan, DTKS dijadikan data acuan dalam program penanganan fakir miskin dan penyelengaraan kesejahteraan sosial. Agar terdaftar dalam DTKS masyarakat harus memiliki data identitas yang padan dengan data capil, masuk golongan keluarga miskin, dan diusulkan oleh Pemerintah Daerah Kab/Kota melalui Desa/Kelurahan. Pungkas Dani Rorimpandey

Kepala Desa ( Sangadi – red) Poopo Barat, Herman. J. Momongan Kepada media ini mengatakan Kegiatan Sosialisasi DTKS Sangat membantu dalam mengupdate pemutahiran data di desa.

” Pemutahiran Data DTKS ini sangat membantu dan berfaedah misalnya laporan laporan masyarakat yang dalam pelaporan apabila suami istri sudah meninggal itu ditiadakan dalam Penerima bantuan, tapi kalau hanya salah satunya dan tergolong extrim Kemiskinan mereka masih masuk dalam penerima bantuan dari pemerintah ” Ucap Momongan.

Sangadi Herman J. Momongan juga mengatakan dalam kehidupan ekonomi masyarakat sering juga berubah.
” Jadi ada juga masyarakat di desa ini yang dulunya di kategorikan miskin, tetapi dengan berkembangnya putaran ekonomi saat ini mereka sudah mapan karena keluarga itu mendapat rejeki diluar misalnya mereka sukses di bidang tambang emas, jadi otomatis yang bersangkutan dicoret datanya dari penerima bantuan ” Pungkas Sangadi Herman J. Momongan.

Kegiatan Musdes DTKS Desa Poopo Barat ini dihadiri juga oleh, Dinas Sosial Kabupaten Bolmong Sekertaris Danny Rorimpandey, SH, Kabid DTKS, Pendamping tenaga sosial kecamatan , Sekdes Desa Poopo, BPD, serta Aparat Desa.

(Feki Sajow)

No More Posts Available.

No more pages to load.