PKM FIOR Unesa Lakukan Sport Message Kebugaran Lansia

oleh -114 Dilihat

Jawa Timur, paradigmanasional.id – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan Sport Massage kepada lansia di Kelurahan Lidah Wetan Surabaya

Dalam rilisnya, Senin (12/12/2022) Koordinator PKM FIOR Unesa, oleh Dr Joesoef Roepajadi, M.Pd. menerangkan, pihaknya menjadi pelopor dalam menginiasisi adanya kegiatan perbaikan kebugaran yang diperuntukkan kepada lansia dengan usia berkisar 50-65 tahun. Jumlah peserta kegiatan PKM ini sebanyak 34 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki (14,71%) dan 29 orang wanita (85,29%). Salah satu yang mendasari pelaksanaan PKM sport massage terhadap kebugaran lansia bertujuan untuk adanya perbaikan kebugaran.

“Hal ini dikarenakan adanya penurunan fungsi organ tubuh pada lanjut usia yang mengakibatkan sel tubuh mengalami penurunan, mengakibatkan kemampuan jaringan tubuh untuk mempertahankan fungsi menjadi tidak normal,” terangnya.

Dijelaskan, pelaksanaan kegiatan sport massage terhadap kebugaran lansia tidak serta merta dilaksanakan tanpa persiapan, namun dilaksanakan secara terperinci dan bertahap. Adapun tahap pelaksanaan solusi dalam program kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan persiapan dan survei lokasi pengabdian, dilanjutkan dengan koordinasi dengan Pengurus RW 2 dan Ketua Perkumpulan Lansia di RW 2 Kelurahan Lidah Wetan Kecamatan Lakarsantri.

Sebelumnya dilaksanakan penyusunan rencana pelaksanaan kegiatan dan koordinasi penyelanggaraan program. Pelaksanaan kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam dua tahap. Kegiatan tahap pertama berupa pemberian pretest bagi peserta guna mengetahui pemahaman awal peserta PKM, pemaparan materi tentang masalah kesehatan yang sering dialami lansia, dan pengenalan awal tentang masase kesehatan dan manfaatnya. Pada tahap ini, selain pemberian teori juga diberikan contoh-contoh gerakan masase kesehatan yang benar.

Kegiatan tahap dua berupa pemaparan materi lanjutan tentang masase kesehatan dan pemberian contoh gerakan masase yang lebih khusus untuk gangguan kesehatan tertentu. Pada tahap ini, setelah peserta mendapatkan materi penyuluhan, maka selanjutnya peserta melakukan praktik langsung tentang gerakan masase dengan peserta lainnya.

Ditambahkan, juga dilakukan monitoring dan evaluasi keterlaksanaan program menggunakan angket dilaksanakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman lansia mengenai penerapan sport massage, penguasaan materi, serta kesuksesan penyelenggaraan PKM.

“Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pengenalam metode Sport Massage kepada lansia diharapkan dapat berdampak adanya perbaikan kebugaran, khususnya lansia di RW 2 Kelurahan Lidah Wetan Kecamatan Lakarsantri ini,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.