PRAJURIT BRIGIF 3 MARINIR PASMAR 3 LAKSANAKAN PEMBUATAN RUMAH HONAI PAPUA

oleh -365 Dilihat

Sorong (paradigmanasional.id) – Pupuk kebanggaan dan kecintaan terhadap adat istiadat Papua, prajurit “Rajawali Papua” Brigif 3 Marinir Pasmar 3 melaksanakan pembuatan rumah Honai Papua yang bertempat di Kesatrian Agoes Soebekti Markas Komando Pasmar 3, Jl. Sorong-Klamono, Km. 16, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Rabu (08/12/2021).

Rumah honai memiliki bentuk dasar lingkaran dengan rangka kayu dan dinding terbuat dari anyaman dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami. Dinding rumah terbuat dari kayu yang disusun berdiri memiliki satu pintu dan tidak memiliki jendela. Tingginya rumah honai sekitar 2,5 meter dan jika dilihat dari udara nampak terlihat seperti jamur.

Tujuan dibangunnya rumah Honai di lingkungan Kesatrian Pasmar 3 ini selain untuk menjaga warisan adat dan budaya yang ada di tanah Papua juga untuk menciptakan keindahan sebagai ciri khas yang tidak dimiliki oleh satuan manapun.

Perwira Staf Operasi (Pasops) Brigif 3 Marinir Letkol Marinir Widarta Kusuma, S.E., M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa kerajinan, budaya dan adat istiadat di tanah Papua sangat beranekaragam, oleh karena itu dengan pembuatan rumah honai di lingkungan kesatrian diharapakn setiap prajurit dapat mengerti dan memahami kultur budaya yang ada di tanah Papua.

“Tidak hanya untuk menumbuhkan kecintaan adat istiadat yang ada, tetapi diharapkan dapat memupuk rasa kebanggaan prajurit terhadap satuannya,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.