Wakili Danramil, Babinsa Koramil Ngabang Hadiri Acara Robo-Robo Di Aek Merah Mungguk

oleh -470 Dilihat

LANDAK (Paradigmanasional.com) – Babinsa Koramil 1201-11/Ngabang Praka M. A. Chalim mewakili Danramil Letda Arm. Suwandi menghadiri, Robo-Robo di desa Mungguk, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak. Rabu (6/10/2021).

Praka Halim mengatakan Robo-Robo tradisi warisan budaya tak benda yang di dalamnya adalah upacara tolak balak dan digelar pada hari Rabu pekan terakhir di bulan Safar dalam kalender Hijriah.

“Tahun ini, rangkaian puncak Robo Robo berlangsung pada Hari Rabu 6 oktober 2021,” ucap Praka Halim.

Sebelum dimulai acara makan bersama atau Saprahan dilakukan pembacaan doa memohon keberkahan Allah SWT agar dijauhkan dari bencana, kesusahan dan diganti dengan kebahagian maupun limpah rizki.

Anggota DPRD Kabupaten Landak, Bernadius yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, Mariadi yang biasa di panggil Pak Alek mengatakan ini adalah tradisi yang bagus yang harus di jaga dan dilestarikan ini merupakan warisan dari nenek moyang kita.

“saat ini tradisi Robo Robo tidak hanya dilakukan oleh masyarakat melayu saja, namun dari berbagai suku dan agama bisa ikut merasakan kemeriahan Robo Robo,” ucap Alek.

Sementara itu, kepala desa Mungguk Mulyadi mengatakan acara Robo Robo tahun dua tahun belakangan ini dilakukan dengan sangat sederhana kerna berada di masa pandemi Covid-19.

“Mari kita semua berdoa agar diberikan kesehatan dan pandemi Covid-19 ini cepat berakhir,” harap Mulyadi. (Vid)

Sumber : Pendim (1201-11).

No More Posts Available.

No more pages to load.