Babinsa Sidorejo Hadiri Panen Raya Hasil Pertanian Kelompok Tani Wanita Tani Mandiri

oleh -601 Dilihat

Kotawaringin Barat (paradigmanasional.com) – Babinsa Sidorejo Serda Adi Santoso, Koramil 1014-01 /Arut Selatan menghadiri kegiatan panen raya hasil budidaya Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri Bersatu, di RT 13, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), pada Selasa, (02/11/2021). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah S.H MH, Kepala Dinas Pertanian Kobar, Kepala Dinas Pariwisata, Camat Arsel, Lurah Sidorejo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Kelompok Tani Wanita Tani Mandiri.

Anggota KWT Mandiri Bersatu yang beranggotakan para ibu – ibu rumah tangga tersebut, telah berhasil mengembangkan tanaman sayur dan perikanan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Kegiatan syukuran tersebut, juga digelar dengan tema adat dan budaya, jadi para tamu undangan yang hadir menggunakan baju adat dari berbagai daerah dan juga dipersembahkan tari daerah salah satunya tarian dari Banyumas yaitu tari Gambyong.

Kelompok KWT Mandiri Bersatu tersebut, merupakan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dibina oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kobar, serta dukungan aspirasi dari Anggota DPR RI Bambang Purwanto.

Serda Adi Santoso, selaku Babinsa Kelurahan Sidorejo selain melaksanakan tugas sehari-hari sebagai Babinsa, Ia juga melakukan pendampingan pertanian kepada kelompok tani di desa ini untuk terus menggiatkan hasil produksi pertanian di wilayah binaannya. Mulai dari persiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan hingga masa panen. Dan kini usahannya telah menuai hasil yang cukup memuaskan.

Ia mengatakan, dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam sayur, maka uang yang awalnya untuk kebutuhan belanja sayur maka dapat dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan yang lain.

” Jadi, selain untuk ketahanan pangan keluarga, ternyata juga mampu untuk menekan biaya pengeluaran belanja, “Ujar Serda Adi.

(vit)

No More Posts Available.

No more pages to load.