Cuaca Extrim Menghantam Perahu Perahu Penyebrangan , tim SFQR Lanal Tahuna Posal Marore evakuasi Penumpang dan Nahkoda Pamboat The Savior of King

oleh -261 Dilihat

KOTA TAHUNA , KEPULAUAN SANGIHE (Paradigmanasional.com)
Perjuangan seorang nakkoda kapal penyebrangan tidak luput dari sebuah ombak yang besar atau cuaca yang Extrim,salah satunya kapal Pambaot The Savior of King.dalam perjalanan kapal tersebut ada masalah karena di terpa oleh gelombang tinggi dalam perjalanan dari P. Kavio ke P.Marore,kejadian tersebut di ketahui oleh Tim SFGR Lanal Tahuna Posal Marore dan di bantu Nelayan yang kebetulan berada di lokasi,perairan tersebut ada di pulau kavio.pada tanggal 7 November 2021.

Pukul 20.00 Wita telah dilaksanakan evakuasi penumpang dan nahkoda pamboat The Savior of King oleh tim SFQR Lanal Tahuna Posal Marore dibantu nelayan P. Marore dan P. Kawio di Perairan Kawio. Pumboat mengalami kecelakaan  akibat cuaca buruk, tinggi gelombang sekitar 1,5  s.d. 2 meter, sehingga menyebabkan masuknya air ke pamboat dan pamboat hampir tenggelam. sebelum diselamatkan dan di evakuasi semua penumpangnya.

Adapun data-data penumpang Pamboat,
Nama Pamboat The Savior of King GT 2 GT sejenis perahu penyeberangan dari P.Kawio P Marore, di Nahkoda oleh Ferginal Mendome 52 Tahun.dan ada 8 orang yait Antok Mendome 22 Th,Servianus Mendome 18 Tahun, Parman 27 Tahun, Boy Sumonda 39 Tahun, Enit 28 Tahun,Rey Mendome 20 Tahun, Itman Barahama 27 Tahun dan Junli umur 30 Tahun.

Kejadian tersebut Pukul 18.12 Wita Sdri Yohana Franciska Tefa 29 Tahun yang menerima informasi melalui telfon seluler dari rekannya an. Sodara Parman penumpang pumboat The Savior of King tersebut, bahwa pamboat yang ditumpanginya kemasukan air laut dan hampir tenggelam akibat cuaca kurang baik. Pada Pukul 18.21 Wita Komandan Posal Marore Kapten Laut (PM) Hendra  Menerima perihal laporan dari Sodari Yohana Franciska Tefa 29 Tahun tersebut.Pukul 18.34 Wita Komandan Posal Marore membagi 2 Tim untuk membantu melaksanakan evakuasi, yaitu Tim Satu mempergunakan RHIB Posal Marore, dengan komposisi 2 personel Posal dan 1 orang warga.
Tim dua mempergunakan pumboat warga Marore dengan komposisi 2 personel Posal dan 2 orang warga. Danposal berada di Tim 2.Kemudian Pukul 18.39 Wita Tim 1 dan Tim 2 Berangkat melaksanakan pencarian di sekitar Perairan antara P. Marore dan P. Kawio.Pukul 19.32 Wita pamboat The Savior of King berhasil ditemukan pada posisi 04 40 936 N – 125 25 883 E,  kurang lebih 4 Mil dari P. Marore dan lebih dekat dengan P. Kawio.

Pukul 19.35 Wita Tim SFQR Lanal Tahuna Posal Marore beserta warga Kawio melaksanakan evakuasi penumpang dan nahkoda Pumboat The Savior of King menuju ke P. Kawio pada lokasi yang terdekat dengan titik kejadian.Sehingga Pukul 19.55 Wita Tim berhasil mengevakuasi Penumpang dan nahkoda pamboat The Savior of King dengan kondisi selamat dan sehat, serta menarik pamboat tersebut ke darat mempergunakan pumboat warga.

Pukul 20.00 Wita, Komandan Posal Marore berkoordinasi dengan Kapitalaung, Syahbandar dan Kaposad P. Kawio untuk  sementara korban beristirahat di Pulau Kawio.Pukul 20.21 Wita, setelah Pamboat The Savior of King beserta penumpangnya diserahkan kepada Kapitalaung dan aparat setempat, selanjutnya Tim 1 dan Tim 2 segera tolak dari P. Kawio menuju Marore dengan sekaligus membawa turut serta 4 penumpang pamboat The Savior of King yang berdomisili di Marore.

Pukul 21.18 Wita, Tim 1 dan Tim 2 tiba di Pelabuhan Marore lalu Pukul 21.30 Wita kegiatan telah selesai dilaksanakan dengan aman dan lancar.Laporan sementara Penumpang dan nahkoda pamboat The Savior of King dalam kondisi selamat, aman dan sehat.Kapal Pamboat The Savior of King berhasil ditarik ke darat oleh tim SFQR Lanal Tahuna Posal Marore bersama warga mempergunakan pamboat warga.

Beberapa tindakan yang dilaksanakan oleh Tim SFQR Lanal Tahuna Posal Marore dalam kegiatan tersebut, meliputi,Koordinasi awal dengan warga Marore,untuk bersama-sama melaksanakan pencarian dan evakuasi pamboat The Savior of King.(Vid)

No More Posts Available.

No more pages to load.